Tips Mencegah dan Mengobati Diabetes Melitus

Tips Mencegah dan Mengobati Diabetes Melitus

Diabetes Melitus

Jika Anda lebih dari 45 tahun atau lebih muda, tetapi tinggi risiko untuk diabetes, misalnya, karena salah satu atau kedua orang tua Anda menderita diabetes atau berat badan di atas normal maka Waspadalah!

Diabetes adalah selalu memburu Anda. Semakin banyak orang menderita dari Indonesia deabetes tipe 2 (kencing manis yang dimulai di masa dewasa). Diabetes tipe 2 terkait dengan kondisi yang dikenal sebagai resistensi insulin.

Meskipun ada elemen sekresi insulin terganggu dari sel beta pankreas, yang cacat utama adalah ketidakmampuan tubuh merespon terhadap insulin dengan benar. Pangkreas telah bekerja keras untuk menghasilkan lebih banyak insulin, tapi tidak menanggapi jaringan tubuh dan tidak peka terhadap insulin. Pada titik ini, diabetes terjadi dimana kadar gula darah terus-menerus tinggi pada akhirnya akan menyebabkan banyak komplikasi kesehatan yang serius.

Untungnya Anda dapat mencegah diabetes tipe 2 melalui perubahan gaya hidup. Melakukan beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup Anda dapat membantuAnda mencegah dan mengendalikan diabetes. Pertimbangkan bagaimana mencegah diabetes berikut:

Tips untuk mencegah dan mengobati Diabetes Melitus

Cara-Mengecilkan-paha

  • Melakukan aktivitas fisik

Ada banyak manfaat dari latihan rutin. Latihan dapat membantu meningkatkan tubuh Anda kepekaan terhadap insulin, yang membantu menjaga tingkat gula darah dalam kisaran normal. Dengan meningkatkan latihan, tubuh menggunakan insulin lebih efisien untuk 70 jam setelah latihan. Jadi, berolahraga 3 – 4 kali seminggu akan bermanfaat dalam kebanyakan orang. Perlu dicatat bahwa banyak manfaat dari latihanyang independen terhadap berat badan. Namun, ketika dikombinasikan dengan penurunan berat badan, keuntungan meningkat secara substansial.

  • Dapatkan banyak serat dalam makanan anda

Serat makanan tidak hanya mengurangi resiko diabetes dengan meningkatkan pengendalian gula darah tetapi juga mengurangi risiko penyakit jantung dan juga mempertahankan berat badan ideal dengan membantu Anda merasa kenyang. Makanan tinggi serat termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Salah satu makanan tinggi serat yang terbukti untuk mengendalikan diabetes adalah beras bran dan dedak padi.

  • Makan kacang-kacangan dan biji-bijian

Meskipun tidak jelas mengapa, biji-bijian dapat mengurangi resiko diabetes dan membantu menjaga tingkat gula darah. Dalam sebuah studi perempuan lebih dari 83,000, konsumsi kacang tampaknya menunjukkan beberapa efek protektif terhadap perkembangan diabetes.

  • Menurunkan berat badan

Sekitar 80% dari penderita diabetes obesitas dan kelebihan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, pencegahan diabetes dapat bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kg berat badan dapat meningkatkan kesehatan Anda. Dalam satu studi, orang dewasa yang kelebihan berat badan mengurangi resiko diabetes merekasebesar 16% per kg berat badan yang hilang.

  • Minum banyak produk susu rendah lemak

Pada orang gemuk, dikonsumsi susu lebih rendah lemak, rendah risiko sindrom metabolik. Secara khusus, mereka yang mengkonsumsi lebih dari 35 porsi produk susu,minggu memiliki risiko yang jauh lebih rendah daripada mereka yang mengkonsumsi kurang dari 10 porsi per minggu.

  • Mengurangi konsumsi gula

Konsumsi gula ini tidak terkait dengan perkembangan diabetes tipe 2. Namun, setelah disesuaikan dengan berat badan dan variabel lain, tampaknya ada hubungan antara minum minuman gula-sarat. Seseorang yang minum satu atau lebih minuman manis sehari telah hampir dua kali lipat risiko mengembangkan diabetes daripada mereka yang hanya kadang-kadang atau tidak minum minuman manis.

  • Berhenti Merokok

Rokok tidak hanya berkontribusi terhadap penyakit jantung dan menyebabkan kanker paru-paru tetapi juga terkait dengan perkembangan diabetes. Lebih dari 20 Merokok hari dapat meningkatkan risiko diabetes lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan orang-orang yang tidak Merokok. Penyebab pasti untuk ini tidak dipahami dengan baik. Merokok mungkin langsung menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin.

Baca Juga : Suplemen Hebral Untuk Penderita Diabetes

Coba salah satu tips di atas untuk mencegah diabetes secara teratur dan benar. Sehingga kita dapat menghindari nama diabetes. Sekali lagi, kesehatan penting, jadi darisekarang mempertimbangkan kesehatan Anda.

Tips Mencegah dan Mengobati Diabetes Melitus | pengelola | 4.5
error: Content is protected !!